Foto Museum POLRI 2

aroengbinang.com - Sejumlah senapan laras panjang dari jaman sebelum Perang Dunia II yang dipajang di Museum Polri, baik senapan buatan Amerika Serikat, Inggris, dan juga buatan Jerman. Persenjataan ini mungkin sebagian masih bisa digunakan, sehingga pengamanannya juga mestinya cukup ketat.

museum polri jakarta

Hall of Fame terletak di lantai dasar Museum POLRI, berisikan kutipan kata dan foto para mantan Kepala Kepolisian RI, dari mulai kepala polisi yang pertama, hingga yang terakhir. Foto-foto kenangan peristiwa yang bersejarah juga dipasang di tempat ini.

museum polri jakarta

Sejumlah tema yang berhubungan dengan organisasi kepolisian dan berbagai aksi satuan-satuan polisi di masa lalu di lantai 2 Museum POLRI, seperti aksi kepahlawanan oleh satuan-satuan polisi dan dokumentasi kegiatan polisi dalam memerangi aksi terorisme.

Sebuah monumen kecil yang terlihat di sebelah kiri gambar adalah miniatur Monumen Gorom yang dibuat untuk mengenang peran Polisi selama operasi Trikora pada tahun 1962 yang dimulai dari Pulau Gorom, di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

museum polri jakarta

Lukisan sketsa pelaku sejumlah peledakan bom juga dipajang di Museum POLRI, diantaranya adalah pelaku peledakan Bom Bali pada 12 Oktober 2002, pelaku peledakan bom Marriott, lukisan sketas Hambali, dan lukisan rekayasa kepala Asmar yang hancur di Marriott.

museum polri jakarta

Sebuah model atau maket yang memperlihatkan kondisi toko dan restoran yang luluh lantak setelah terjadinya bom Bali. Maket ini bisa ditemukan di lantai dua Museum POLRI. Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, hancur dalam waktu yang hampir bersamaan pada pukul 23.05 Wita, 12 Oktober 2002. Lebih dari 200 orang tewas dan 200 lebih lainnya luka berat ringan.

museum polri jakarta