Foto Museum Perangko 4

aroengbinang.com - Di sudut kanan disimpan peralatan terkait pos, seperti cap tanggal, cap tanggal roda, cap dirian pos, tang perforasi, timah plombir, dan tang plombir. Ada pula timbangan surat, buku, dan memorabilia.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Pandangan lebih dekat pada sejumlah koleksi Museum Perangko Indonesia TMII, dengan berbagai bentuk cap tanggal, cap tanggal roda, cap dirian pos, tang perfra, timah plombir dan tang plombir.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Pintu masuk dan pintu keluar Museum Perangko Indonesia dengan ornamen suluran di sekelilingnya. Tepat diantara pintu museum terdapat patung Hanoman, raja kera yang menjadi duta Rama untuk berkirim kabar kepada Shinta yang tengah dikurung Rahwana di Alengka. Di atas patung Hanoman terdapat logo Pos Indonesia, dan di sebelah kanannya terdapat bus surat kuno dari jawatan pos kolonial yang keterangannya menggunakan bahasa Belanda, Brievenbus.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Pintu masuk Museum Perangko Indonesia dilihat dari tengah pendopo. Panel pada foto adalah koleksi Christie Damayanti yang tengah dipamerkan. Ornamen pada langit-langkit pendopo terlihat dibuat dengan detail yang indah.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Koleksi sepeda pos antik yang diletakkan di selasar Museum Perangko Indonesia. Sepeda ini bermerk Falter, buatan Jerman Barat bertahun 1950. Ciri khasnya adalah ban depannya 20 inchi, ban belakang 26 inchi, hub belakang torpedo sachs, gir bintang dengan lebar rantai 0,5 cm dan rem depan model stempel melalui baut setang. Sepeda ini lazim digunakan oleh jawatan pos di Eropa dan Indonesia, sehingga dikenal sebagai sepeda pos. Populasi sepeda ini di Indonesia tidaklah banyak, kurang dari 100 buah, sehingga diburu orang.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Sudut bangunan Museum Perangko Indonesia dengan patung binatang mistik bergaya Jawa Bali di pojoknya. Kepalanya menyerupai raksasa dengan taring tajam dan mata melotot, kuku kakinya tajam seperti garuda namun berkaki empat, bersayap dan berekor.

museum prangko indonesia tmii jakarta

Tampak muka binatang mistik penjaga pojok museum itu, memperlihatkan giginya yang telah rompal sebelah, kalung yang besar menggantung pada lehernya, dan posisi kaki yang menyerupai kaki katak atau kaki buaya.

museum prangko indonesia tmii jakarta