Foto Museum Olahraga 6

Permainan hulahop koleksi Museum Olahraga ini menggunakan gelang besar yang terbuat dari rotan, dan kemudian terbuat dari plastik beraneka warna, dengan cara diputar memakai tenaga goyangan pinggul sehingga gelang tetap berada di sekitar perut dan tidak jatuh. Permainan ini bermanfaat untuk memperkecil lingkar perut dan membantu menjaga kebugaran tubuh.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Permainan Patok Lele ini tidak diketahui asalnya dari mana oleh sebab sudah menyebar ke seluruh Indonesia, walau dengan sebutan berbeda. Ada yang menyebut patok lele, gatrik, tak kadal, dsb. Permainan kelompok ini membantu mengajarkan ketangkasan, ketepatan bidik dan kelancaran dalam menghitung.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Foto dan narasi yang menggambarkan hubungan kait mengait antara gelaran olahraga dengan industri pendukungnya. Produk olahraga mulai dari sepatu, kaos, jaket, topi, handuk, gelang katun, hingga bola, raket, bulu tangkis, bola tenis, net, kok, stick golf dan alat-alat olah raga lainnya telah menjadi industri berskala besar yang memasukkan devisa tinggi bagi negara.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Lorong di Museum Olahraga Nasional yang memamerkan sejumlah peralatan yang digunakan dalam permainan tradisional yang sering muncul dalam berbagai perlombaan dalam menyambut hari besar nasional, seperti bakiak gandeng misalnya. Ada pula layang-layang dan permainan dakon.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Narasi di Museum Olahraga tentang eratnya kaitan antara permainan dengan olahraga. Banyak permainan kemudian diolahragakan dan dipertandingkan sebagai ajang untuk adu ketangkasan, kekuatan, dan kecerdikan, diantaranya adalah biliar, catur, bridge, dan belakangan game online.

museum olah raga nasional tmii jakarta

©2020 aroengBinang