Foto Museum Olahraga 19

Dunia tinju amatir Indonesia pernah memiliki sejumlah atlet dengan nama besar seperti Wiem Gomies, Syamsul Anwar Harahap, Ferry Moniaga, Frans VB, dan Benny Maniani, yang semuanya juara tinju Asia. Di dunia tinju profesional ada nama Wongso Suseno di kelas welter yang menjadi Juara OPBF 1975 dan Juara WBA Intercontinental 1976.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Di dunia catur ada nama Ardiansyah yang meraih gelar Grand Master pada tahun 1986. Lalu ada nama Utut Adianto yang meraih gelar Grand Master pada usia 21 tahun, dan gelar Super Grand Master dengan ELO rating 2600 di peringkat 39 dunia.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Raket tenis yang pernah digunakan oleh petenis wanita kondang Yayuk Basuki di Museum Olahraga Nasional TMII.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Yayuk Basuki adalah atlet tenis profesional Indonesia pertama yang pernah mencapai babak perempat final Wimbledon tahun 1997. Nama besar lainnya di dunia tenis wanita adalah Angelique Wijaya, Suzana Anggarkusuma, Lita Sugiarto, Lanny Kaligis, dan Yolanda Sumarno. Sedangkan petenis pria ada nama-nama beken seperti Yustedjo Tarik, Tintus Arianto Wibowo, Atet Wiyono, Gondowijoyo, Hardiman, Wailan Walalangi dan Harry Suharyadi.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Indonesia pernah memiliki jawara panah yang dijuluki Robin Hood Indonesia, yaitu Donald Djatuna Pandiangan, yang lebih terkenal disebut Donald Pandiangan. Pada Kejuaraan Dunia Panahan 1975 di Australia ia masuk 12 besar dunia. Sayangnya Indonesia batal ikut Olimpiade Moscow 1980 sebagai protes atas invasi Soviet ke Afghanistan, membuat harapannya untuk menjadi atlet peraih emas pertama olimpiade sirna.

museum olah raga nasional tmii jakarta

©2020 aroengBinang