Foto Museum Olahraga 14

aroengbinang.com - Sebuah ruangan di Museum Olahraga Nasional dengan dokumentasi foto anak-anak tengah bermain sepakbola, hingga foto pertandingan sepakbola di stadion megah. Pembinaan semua cabang olahraga memang mestinya dimulai dari saat usia anak masih sangat muda.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Meskipun memiliki jumlah penduduk keempat terbesar di dunia, namun selama puluhan tahun Indonesia masih kesulitan untuk memilih sebelas orang terhebat untuk mewakili negara ini dalam pertandingan sepakbola regional dan internasional. Ini diperparah dengan sering terjadinya tawuran antar pendukung yang tak jarang membawa korban, selain pemain yang tak hormati wasit, dan wasit termakan suap sehingga menyulut skandal yang memalukan. Ada banyak hal yang masih harus dibenahi, namun harapan lebih baik akan selalu ada selagi orang terus berusaha.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Konon sepakbola telah dikenal sejak jaman purba. Setidaknya sekitar abad ke-2 SM telah dikenal permainan semacam sepakbola di China yang disebut tsu chu (xu ju) dimana para prajurit berlatih menendang bola kulit untuk dimasukkan ke dalam keranjang kecil, dan hanya boleh menggunakan kaki, dada, punggung, dan bahu. Di Jepang sejak 500 tahun lalu telah dikenal ‘kemari’ dimana pemain menggiring bola yang terbuat dari kulit hewan. Di Yunani ada ‘epyskiros’ dan di Romawi ada ‘harpastum’. Karena banyaknya aksi brutal, pada tahun 1314 Raja Edward II dari Inggris mengeluarkan larangan kompetisi sepakbola, yang dicabut tahun 1369 oleh Raja Edward III, lalu dilarang lagi oleh Ratu Elizabeth I pada tahun 1572 dan dicabut lagi pada tahun 1680 oleh Raja Charles II. Pada tahun 1863 berdiri Football Association yang menata dan membuat aturan permainan sepakbola untuk gelaran kompetisi di Inggris.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Poster yang bercerita tentang sejarah sepakbola Indonesia. Pada tahun 1870 sebuah jurnal Belanda menulis bahwa ada sekumpulan orang di Batavia yang menendang-nendang bola rotan di sebuah tanah lapang. HCC Clockener Brousson menulis bahwa voetbal telah dimainkan oleh mahasiswa School Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) di Waterlooplein, Batavia, pada tahun 1892. Klub-klub sepakbola pribumi mendirikan Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia pada 19 April 1930. Di tahun itu digelar kongres I di Solo, yang mengubah namanya menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan memilih Soeratin Sosrosoegondo sebagai Ketua PSSI yang pertama.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Poster dan foto ini bercerita tentang prestasi sepakbola Indonesia di kancah dunia. Pada 1938 tim Indonesia, saat itu masih Hindia Belanda, telah tampil di Piala Dunia Prancis dan menjadi tim Asia pertama yang tampil di kejuaraan sepakbola dunia itu, meski kalah 0-6 melawan Hongaria. Di olimpiade Melbourne Australia tahun 1956 tim sepakbola Indonesia masuk perempat final bertemu Uni Soviet dan mampu menahan 0-0, meski kalah 0-4 pada pertandingan ulang 2 hari kemudian.

Meski sempat disegani di tingkat Asia pada kurun 1954-1972, namun presasti tim sepabola Indonesia anjlok antara tahun 1973-1983, dan baru bisa menjadi juara SEA Games pada 1987 dan 1991. Setelah tahun 1990-an prestasi sepakbola Indonesia menurun tajam dan dibelit dengan berbagai skandal yang membuat pemerintah sempat membekukan PSSI.

museum olah raga nasional tmii jakarta