Foto Museum Olahraga 13

aroengbinang.com - Lemari kaca yang berisi piala dan medali dari para tokoh olahraga terkenal yang nama dan wajahnya pernah menghiasi media massa cetak dan tv nasional pada jamannya.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Koleksi medali dan piala para juara pada berbagai gelaran pertandingan olahraga nasional dan internasional yang disimpan di Museum Olahraga Nasional TMII Jakarta.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Menurut catatan sejarah, tradisi pemberian piala kepada para juara sudah dilakukan sejak jaman olimpiade kuno di Yunani, yang ketika itu berupa amphora (bejana berbentuk vas dengan 2 pegangan) berisi minyak zaitun atau anggur, dan rangkaian bunga Laurel. Ada banyak piala yang ditampilkan di Museum Olahraga Nasional ini, seperti World Champion Boxing Trophy 9th 2012 November, Piala Pencak Silat, International Badminton Championship 1939, Piala Thomas Cup, dan banyak lagi yang lainnya.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Dalam tradisi kompetisi olahraga, juara pertama menerima medali emas (dan piala, pada cabang olahraga tertentu), juara kedua menerima medali perak, dan juara ketiga menerima medali perunggu. Namun karena harganya terus naik dan menjadi sangat mahal, medali emas tidak lagi dibuat dari emas murni. Olimpiade 1912 di Stockholm merupakan olimpiade terakhir yang memberikan medali emas murni kepada para juara pertama.

museum olah raga nasional tmii jakarta

Foto dan kiprah sejumlah tokoh nasional yang didapuk sebagai pembina olahraga Indonesia. Mereka adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX, MF Siregar, Ir Soeratin Sosrosoegondo, dan Drs. Sudirman. HB IX adalah Ketua Komite Olimpiade RI tahun 1946, KOI tahun 1950, hingga Ketua KONI. Beliau juga menjadi anggota IOC (International Olympic Committee) hingga wafat pada 2 Oktober 1988.

museum olah raga nasional tmii jakarta