Foto Museum Naskah Proklamasi 3

aroengbinang.com - Ruang ketiga dimana pada dini hari 17 Agustus 1945 Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi atas permintaan Soekarno, ditemani BM Diah. Sayuti membuat tiga perubahan pada naskah: “tempoh” menjadi “tempo”, “Wakil-wakil bangsa Indonesia” menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”, dan format tanggal.

museum perumusan naskah proklamasi

Mereka adalah Soekarno, Hatta, Ahmad Soebardjo, Mohamad Amir, Boentaran Martoatmodjo,I Goesti Ketut Poedja, Rivai, A Abbas, Iwa Kusuma Sumantri, Johanes Latoeharharry, Ki Bagoes Hadji Hadikoesoemo, Teukoe Moehammad Hasan, Ki Hadjar Dewantara, Andi Pangerang, Otto Iskandardinata, K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, Soetardjo Kartohadikusumo, R. Soepomo, Soekardjo Wirjopranoto, G.S.S.J. Ratulangi, Anang Abdoel Hamidan, BM Diah, Sukarni, Chaerul Saleh, Abikoesno Tjokrosoejoso, Samsi Sastrowidagdo, Sayuti Melik. Yang tidak ada di foto adalah Andi Sultan Daeng Radja, Semaun Bakry, Soediro.

museum perumusan naskah proklamasi

Sebuah poster yang menjelaskan mengenai ruang-ruang bersejarah yang ada di gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dari mulai ruang pertama sampai dengan ruang keempat atau ruang pengesahan atau penandatangan Naskah Proklamasi.

museum perumusan naskah proklamasi

Teks yang terdapat pada Ruang Pengesahan atau Ruang Penandatanganan Naskah Proklamasi, lengkap dengan daftar orang-orang yang hadir pada pertemuan itu.

museum perumusan naskah proklamasi

Ruang pengesahan dengan meja kursi asli yang digunakan pada pertemuan, foto Soekarno - Hatta dan foto para peserta lainnya. Prasasti di bagian tengah bertuliskan teks proklamasi dengan tanda-tangan Soekarno.

museum perumusan naskah proklamasi