Foto Museum Nasional 4

Koleksi Museum Nasional berupa miniatur perahu kayu tradisional berkepala naga yg elok dengan deretan dayung di pinggir kiri kanan perahu. Bagian belakang perahu dibuat melengku ke atas yang tampaknya sengaja dibuat agar tak mudah kemasukan air. Selain hiasan binatang mitos, ada juga haluan kapal yang menggunakan hiasan patung manusia (biasanya wanita), atau raksasa seperti yang disimpan di Pesanggrahan Langenharjo, Sukoharjo.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Bagian depan ruangan Museum Nasional yang digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang dibuat logam mulia. Area ini dipasang CCTV, dan pengunjung tidak diperkenankan untuk memotret koleksi museum yang sangat berharga ini, bukan hanya nilai sisi sejarahnya namun juga nominal uangnya.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Saat saya berkunjung pertama kali, Museum Nasional masih memajang boneka Nini Thowok berumur sangat tua yang dipakai dalam permainan untuk memanggil roh gaib. Kepala Nini Thowok terbuat dari batok kelapa, dihias menjadi muka pengantin perempuan kenes. Badannya dari bubu ikan terbuat dari rotan dan tangannya biasanya terbuat dari segepok lidi. Namun dalam kunjungan kedua saya tak menemukan koleksi ini.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Koleksi keris dengan berbagai macam ukuran, jumlah luk, pamor dan ornamen. Keris merupakan kebudayaan asli Indonesia dengan sejarah panjang, dan Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Tiga buah patung kayu etnik dengan hiasan di kepala dan badan telanjang, memperlihatkan kemaluan yang berdiri tegak ke atas, lambang maskulinitas pria. Ada cukup banyak variasi dari patung semacam ini, baik yang dalam posisi berdiri mau pun duduk. Di sebelah kiri ada koleksi lemari bergaya oriental.

museum nasional indonesia jakarta pusat

©2020 aroengBinang