Foto Museum Nasional 3

aroengbinang.com - Miniatur pedati yang ditarik oleh sepasang sapi atau kerbau yang banyak ditemukan di pedesaan di daerah Jawa, serta sebuah bendi dari Sumatera Barat. Pedati banyak digunakan oleh petani untuk mengangkut hasil bumi, sedangkan bendi lebih banyak digunakan sebagai angkutan manusia.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Kek Blira Blatas yang terbuat dari kayu, berbentuk tempat tidur, alat tenun tradisional hadiah dari Sultan Indrapura dari Kesultanan Siak di Museum Nasional. Tenun siak dibuat dengan benang katun atau benang sutera yang diberi benang emas, bermotif tampuk manggis, pucuk rebung, atau siku keluang.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Peralatan tradisional lainnya di Museum Nasional Jakarta. Di sebelah kiri adalah alat pembuatan tepung sagu, sedangkan di sebelah kanan adalah miniatur alat pembuatan minuman Saguer dari daerah Saparua. Minuman Saguer merupakan minuman fermentasi dari air nira pohon enau, yang rasanya mirip air tape beras dengan kadar alkohol yang lumayan.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Beberapa diantara rumah-rumah adat tradisional dari seluruh Indonesia yang kebanyakan terbuat dari kayu jati atau kayu jenis lainnya yang kuat dan awet, beratap rumbia atau sirap, dengan atau tanpa ornamen, berbentuk rumah biasa atau rumah panggung.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Perahu Kayu Tradisional dengan ukuran utuh lainnya yang terlihat kokoh, dipajang di Museum Nasional, dengan sebuah lampu minyak menggantung di salah satu ujungnya. Perahu ini cukup besar dan panjang, dan mungkin bisa dipasang layar untuk menangguk angin.

museum nasional indonesia jakarta pusat