Foto Museum Nasional 2

Miniatur Rumah Betang, rumah panjang yg merupakan rumah adat suku Dayak (Ngaju) di Kalimantan Tengah. Ciri-cirinya adalah berbentuk panggung memanjang. Rumah Beteng di suku Dayak tertentu dibuat dengan bagian hulu ke arah matahari terbit dan bagian hilir ke arah matahari terbenam, sebagai simbol kerja-keras sepanjang hari.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Seorang pengunjung wanita tampak tengah mengamati pelampung yang berada di bawah bendera-bendera sinyal maritim internasional dari alfa (A) sampai zulu (Z). Tanda silang merah pada baris pertama paling kanan misalnya, dibaca V (victor), dan baris di bawahnya paling kanan dibaca P (papa).

museum nasional indonesia jakarta pusat

Salah satu dari perahu kayu tradisional dalam ukuran sebenarnya yang dibuat dari kayu utuh sepanjang 15 meter yang disimpan di Museum Nasional Jakarta. Badan perahu yang lancip di kedua ujungnya itu dibuat bergaris-garis antara warna kayu dan coklat tua.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Sepeda roda tiga antik dari awal abad ke-19 dengan satu roda di depan dan dua roda yang lebih besar di belakang. Kedua roda belakang dihubungkan oleh sebuah as hub, yang ikut menyangga sadel setinggi roda. Sepeda ini memakai ban mati tanpa udara, yang di roda depan sudah lepas dari pelk-nya.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Sudut pandangan dari ujung lainnya dari perahu kayu tradisional pada foto sebelumnya yang memperlihatkan ukiran kayu yang elok di ujung buritannya. Lekuk bagian dalam perahu juga terlihat pada foto ini. Kayu yang digunakan untuk membuat perahu biasanya ringan namun sangat kuat.

museum nasional indonesia jakarta pusat

©2020 aroengBinang