Foto Museum Nasional 10

aroengbinang.com - Nekara perunggu ini merupakan benda prasejarah yang berasal dari sekitar 2500 tahun lalu. Nekara ini kemungkinan berasal dari Vietnam karena di salah satu tympanium nekara terdapat tulisan Cina Kuno. Nekara ditemukan di Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara, Bali, Jawa, dll.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Selasar dan ruang terbuka di tengah gedung arca Museum Nasional Jakarta yang menyimpan banyak sekali peninggalan berharga berupa arca batu dan sekaligus sebagai tempat istirahat sementara karena adanya tempat duduk yang disediakan di sana. Terlihat tinggi di ujung sana adalah Arca Bhairawa.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Sebuah arca Ganesha berukuran besar yang masih utus. Arca ini dibuat dari batu hitam dengan pengerjaan yang sangat halus dan detail. Ganesha adalah dewa pengetahuan dan kecerdasan, dewa pelindung, dewa penolak bencana dan dewa kebijaksanaan. Di pewayangan, Ganesha disebut Bhatara Gana, salah satu anak Bhatara Guru. Beberapa arca lain di sebelahnya dalam kondisi yang tak utuh.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Pandangan dekat pada halaman dalam yang terbuka dilihat dari arah Barat yang memperlihatkan beberapa buah arca dwarapala, gentong batu, arca nandi berukuran besar yang terlihat dari arah belakang, dan di ujung sana di dalam selasar terdapat arca Bhairawa. Pilar-pilar tinggi besar yang mengelilingi area ini membantu menciptakan pemandangan yang anggun.

museum nasional indonesia jakarta pusat

Halaman dalam Museum Nasional dilihat dari sisi Timur memperlihatkan arca dwarapala, Yoni, gentong batu, beberapa buah arca nandi, dengan satu arca nandi besar berornamen indah di tengah-tengah halaman.

museum nasional indonesia jakarta pusat