Foto Museum Joang ’45 5

aroengbinang.com - Mobil yang digunakan oleh Presiden Soekarno saat terjadi peristiwa pemboman terhadap diri dan anak-anaknya di Perguruan Cikini, Jakarta, 30 November 1957. Pada peristiwa itu korban meninggal dunia ada 9 orang dan sekitar 100 orang lainnya luka berat, terbanyak adalah murid-murid sekolah itu. Presiden Soekarno dan keluarganya, diantaranya Megawati, selamat. Mobil Chrysler Imperial 38 bernomor polisi B 9105 ini merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi. Di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya terdapat cacat akibat ledakan itu, yang dipertahankan sebagai bukti sejarah. Mobil ini berada di dalam ruangan yang sama dengan Mobil Rep.1 dan Rep.2.

museum joang 45 jakarta pusat

Mobil DeSoto keluaran 1942 ini dulu dipakai Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta, hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, yang digunakan oleh Wapres Hatta di Jakarta dan di Yogyakarta. Mobil yang sempat menjadi oplet ini dibeli kembali oleh Hatta dan direstorasi dengan bantuan Hasyim Ning. Mesin Mobil sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

museum joang 45 jakarta pusat

Mobil Buick-8 tipe Limited-8 5247 cc keluaran 1939 ini dipakai sebagai kendaraan Dinas Presiden Soekarno antara 1945-1949. Mobil ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang oleh Sudiro, Ketua Barisan Banteng, yang meminta kunci mobil dari supirnya setelah membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, dan menyerahkan mobil ke Presiden Soekarno sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk Presiden dengan nomor polisi Rep-1.

museum joang 45 jakarta pusat

Tampak depan bangunan berdinding depan kaca yang digunakan sebagai tempat penyimpanan 3 mobil kepresidenan jaman dahulu, diapit patung dada dua orang tokoh di kiri kanannya.

museum joang 45 jakarta pusat

Di belakang gedung utama Museum Joang ’45 terdapat ruangan terbuka cukup luas, dimana di sebelah kanannya ada bangunan terpisah yang khusus digunakan untuk menyimpan kendaraan kepresidenan dengan nomor REP-1 dan REP-2 yang pernah digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, serta sebuah mobil lainnya. Ada pula dua patung dada di depan gedung itu.

museum joang 45 jakarta pusat