Foto Museum Indonesia 6

Instalasi yang memperlihatkan proses membatik yang dilakukan dengan cara tradisional oleh seorang wanita. Kata batik berasal dari kata Jawa "tik", yang memiliki pengertian berhubungan dengan suatu pekerjaan halus, lembut, dan kecil yang mengandung unsur keindahan. Secara teknis, batik adalah sebuah cara penerapan corak di atas kain melalui proses celup rintang dengan malam sebagai bahan perintang dan melibatkan pemakaian zat pewarna alami atau buatan.

museum indonesia tmii jakarta

Sejumlah gelang yang terlihat antik dan elok. Diantaranya Gelang Poto Lola (Ponto Si Papa) asal Sulawesi Selatan, Gelang dengan bentuk hiasan cupu asal Karawang, Gelang Ulan-Ulan yang kepala dan ekornya dihiasi mata yakut asal Yogyakarta, Gelang tangan asal Kalimantan, dan Gekang Gading untuk wanita muda asal Flores, serta dua buah gelang lainnya.

museum indonesia tmii jakarta

Bura-Bura, yang terbuat dari kuningan, biasa dipakai di dahi dan leher baik oleh pria maupun wanita dalam upacara adat. Perhiasan ini bisa dijumpai di daerah Batak, Sumatera Utara.

museum indonesia tmii jakarta

Perhiasan dari Batak Karo lainnya adalah Padung-Padung yang dipakai sebagai hiasan telinga, diletakkan pada ujung-ujung ikat kepala. Padung yang kiri diletakkan agak ke belakang. Lalu ada Hiasan Kepala Wanita dari bahan logam, dan Rai yang dipakai sebagai hiasan kepala bagian belakang terbuat dari kuningan. Ada pula Gelang Karo yang terbuat dari kuningan.

museum indonesia tmii jakarta

Snowbay Watertainment TMII yang saya lihat dari Ruang Pandang di lantai empat Museum Indonesia TMII. Ruang Pandang ini memiliki pemandangan luas ke delapan penjuru angin kompleks TMII.

museum indonesia tmii jakarta

©2020 aroengBinang