Foto Museum Indonesia 2

Di lantai satu Museum Indonesia TMII teradapat gelaran lukisan peta Indonesia dengan motif batik mega mendung berjudul Citra Indonesia. Lukisan Garuda di sebelah kiri melambangkan dunia atas, menonjolkan unsur udara, awan, dan cahaya, yang disebut bapak angkasa. Naga bersisik kemerahan yang kepalanya di sisi kanan menjadi perlambang dunia bawah, menonjolkan unsur air dan bumi, biasa disebut ibu pertiwi. Keduanya melambangkan perpaduan keseimbangan gerak alam yang saling bertentangan namun tak terpisahkan.

museum indonesia tmii jakarta

Lantai satu Museum Indonesia TMII bertema Bhinneka Tunggal Ika, dengan sajian ragam budaya bangsa, seperti pakaian pasangan pengantin dan pakaian adat, alat musik daerah, dan wayang (kulit dan golek) dari seluruh suku. Semua pakaian itu terawat baik dan disimpan di ruangan berpendingin cukup dengan penataan cahaya memadai.

museum indonesia tmii jakarta

Pakaian Pengantin dari Tapanuli Selatan. Pada pria tutup kepalanya disebut Ampu, bajunya disebut Baju Godang, dengan selipan dua buah pisau kecil yang disebut bobat di dalam kain songket. Sedangkan pada wanita penutup kepalanya disebut Bulang.

museum indonesia tmii jakarta

Pakaian pengantin dari daerah Jambi. Penutup kepala pada wanita disebut Pasangkon, baik pengantin wanita dan pria mempergunakan hiasan dada. Sulaman benang berwarna keemasan membuat pakaian pengantin ini terkesan mewah.

museum indonesia tmii jakarta

Pakaian pengantin tradisional dari Bali dan Jawa Timur. Calon pengantin yang akan menyewa Museum Indonesia untuk resepsi pernikahan bisa melihat pakaian pengantin tradisional dari seluruh Indonesia di sini, dan bisa menjadikannya sebagai inspirasi.

museum indonesia tmii jakarta

©2020 aroengBinang