Foto Museum Fatahillah 2

aroengbinang.com - Meriam antik dengan ornamen indah di hampir sekujur badan meriam, dengan dudukan kayu berukir sepasang Burug Garuda yang tak kalah eloknya. Meriam kecil ini konon pernah digunakan untuk melawan tentara VOC.

museum fatahillah jakarta

Sejumlah koleksi tombak pendek di Museum Fatahillah dengan mata tombak yang bervariasi. Ada yang mata tombaknya berbentu trisula dengan bagian tengahnya memiliki lekuk seperti keris, ada yang tajam seperti anak panah, dan ada pula yang memiliki pengait.

museum fatahillah jakarta

Sebuah mebel menyerupai mimbar antik yang berasal dari abad ke-17 sampai 19, dengan ornamen yang merupakan perpaduan gaya Eropa, Cina, Indonesia.

museum fatahillah jakarta

Mebel hias kuno dengan bagian atas berbentuk kubah susun dengan lubang-lubang hawa, serta lubang-lubang jendela dan pintu di bagian bawahnya, disangga oleh enam buah kaki ulir.

museum fatahillah jakarta

Prasasti ini merupakan replika dari Prasasti Tapak Gajah yang pernah saya kunjungi di Desa Ciaruteun Ilir. Prasasti ini juga dinamakan Prasasti Kebun Kopi karena ini ditemukan di sebuah kebun kopi milik Jonathan Rig. Tulisan yang diapit sepasang tapak gajah itu berbunyi “Jayavisalasya tarumendrsaya hastinah airavata basya vibhatidam padadavyam”.

museum fatahillah jakarta