Foto Museum Bank Mandiri 5

aroengbinang.com - Foto lama memperlihatkan bangunan sekarang yang digunakan oleh Museum Bank Mandiri. Gedung sekarang sepertinya lebih anggun ketimbang aslinya. Bentuk pojokan terlihat berbeda dengan lantaran ada tambahan struktur pelindung di atas setiap jendela.

museum bank mandiri jakarta

Pandangan lebih dekat pada sisi bagian tengah lukisan kaca patri di Museum Bank Mandiri, yang memperlihatkan gaya klasik dalam keelokan lukisannya serta pilihan kombinasi warna yang berani dan indah serta pola bidang geometrisnya.

museum bank mandiri jakarta

Sebuah ruangan di dalam museum yang dahulunya dipakai sebagai ruang kerja bagi wakil kepala cabang. Jabatan yang mestinya tinggi karena hanya setingkat di bawah kepala cabang. Meja kayunya tampak sudah tua dan antik.

museum bank mandiri jakarta

Sebuah foto dokumenter yang memperlihatkan penataan ruang kerja bagi pegawai bank biasa, yang dibuat tanpa sekat atau tanpa privasi sama sekali. Memang biasanya hanya orang penting yang punya ruangan dengan privasi baik, karena sering membicarakan hal-hal yang tidak semua orang boleh tahu.

museum bank mandiri jakarta

Pandangan pojok pada gedung Bank Mandiri Jakarta pada saat ini. Bentuk sudut 90 derajat yang tajam pada bangunan aslinya sudah berubah lebih lunak dengan adanya bidang-bidang lengkung. Struktur pelindung yang menahan sinar matahari dan tenpias air hujan juga membuatnya lebih baik. Lubang-lubang jendela juga sudah berubah.

museum bank mandiri jakarta

Pintu keluar Museum Bank Mandiri dari sampang kanan museum, yang seingat saya diambil dari dalam bus TransJakarta saat hendak menuju ke kawasan Taman Fatahillah, tapi mungkin juga saat duduk di bangku penumpang saat membawa mobil sendiri. Selain lewat pintu ini, pengunjung bisa juga keluar lewat pintu depan atau dari area pintu masuk.

museum bank mandiri jakarta