Foto Museum Bank Indonesia 9

aroengbinang.com - Semangat Soekarno untuk tampil hebat dalam penyelenggaraan Ganefo membuat Indonesia memiliki Hotel Indonesia, Jembatan Semanggi, Gedung Conefo yang sekarang menjadi Gedung MPR/DPR, Tugu Monas, Masjid Istiqlal dan Stadion Gelora Bung Karno, meskipun harus dibayar dengan situasi ekonomi yang makin memburuk.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi yang menggambarkan seorang wanita tengah membatik. Usaha batik rakyat merupakan salah satu sektor usaha kecil yang dibantu dan didorong untuk berkembang dengan dana dari bank.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi patung yang menggambarkan bengkel pande besi, salah satu usaha rakyat yang mendapat dorongan dari perbankan dengan dana bersuku bunga rendah dan persyaratannya ringan.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi yang menggambarkan kerjasama BI dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta Gerakan Pramuka di awal Orde Baru setelah Bank Tunggal dibubarkan, untuk meningkatkan minat menabung pelajar guna menggalang dana masyarakat. Ini melahirkan program deposito berjangka dengan suku bunga tinggi (1968) dan tabungan berhadiah (1969).

museum bank indonesia jakarta

Instalasi yang menggambarkan cara menabung secara tradisional dengan menggunakan celengan, yang dipecah jika membutuhkan dana. Tabanas dan Taska lambat laun berhasil menggantikan cara menabung masyarakat, dan dana yang terkumpul bisa dipakai untuk membiayai pembangunan dan mendanai sektor produktif.

museum bank indonesia jakarta