Foto Museum Bank Indonesia 5

aroengbinang.com - Seorang pria Belanda, yang sepertinya pemimpin bank, tampak sibuk menulis atau membubuhkan tanda tangan pada setumpuk kertas di atas meja di depannya. Pada dinding menempel sebuah almanak bertahun 1780.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi yang menggambarkan situasi yang terjadi pada loket bank yang sama, diambil dari bagian dalam loket, dari sisi petugas bank.

museum bank indonesia jakarta

Ekspedisi Cornelis de Hotman yang memicu datangnya pedagang-pedagang Belanda untuk datang ke Nusantara dan akhirnya pada 1602 mereka bersekutu membentuk Vereenigde Oos-Indische Campagnie (VOC, Persekutuan Dagang Hindia Timur) yang dipimpin Heren XVII. Pada 1610 VOC membangun basis di Batavia dan memulai sejarah penjajahan dan penjarahan kekayaan Nusantara yang sangat panjang.

museum bank indonesia jakarta

Sebuah instalasi elok yang menggambarkan bagaimana negara-negara dan bangsa Eropa yang semakin maju mereka semakin serakah untuk menjajah, berturut-turut dari bangsa Belanda, Inggris, dan Perancis, membuat jalan yang sangat panjang menuju kemerdekaan.

museum bank indonesia jakarta

Di sebelah kanan adalah dokumentasi foto orang-orang Belanda di Batavia pada jaman kolonial, keluarga dan kegiatan mereka, serta situasi kota dan bangunannya. Di sebelah kiri menceritakan novel Max Havelaar karya Multatuli yang menggambarkan kesengsaraan rakyat jajahan di Hindia Belanda dan membuat marah politikus serta rakyat Belanda, melahirkan Politik Etis.

museum bank indonesia jakarta