Foto Museum Bank Indonesia 4

aroengbinang.com - Jung Java atau Perahu Jung Jawa dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Faktor VOC dan orientasi Kesultanan Mataram yang tak lagi ke laut membuat kekuatan maritim semakin menyusut dan pudar.

museum bank indonesia jakarta

Foto para penjelajah yang pernah singgah di Nusantara, lengkap dengan kisah singkatnya di bagian bawah foto. Dari kiri ke kanan adalah Marcopolo, Laksamana Cheng Ho, Afonso d’Alburquerque, Cornelis de Houtman, dan Sir Henry Middleton.

museum bank indonesia jakarta

Tulisan yang berisi sejarah singkat Marcopolo dan Laksamana Cheng Ho yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

museum bank indonesia jakarta

Sebuah instalasi dalam ukuran sebenarnya yang dibuat dengan detail sangat baik menggambarkan suasana di Bank Courant en Bank van Leening. Lokasi bank itu pada 1746 - 1809 berada di Tijgersgracht Timur, tepat disamping timur Taman Fatahillah.

Sebelumnya, berdasar resolusi 20 Agustus 1746 Gubernur Jenderal van Imhoff memutuskan pendirian Bataviasche Bank van Leening, namun tak berkembang. Mossel, Gubernur Jenderal sesudahnya, mendirikan Bank Courant pada 1 September 1752, dan lalu menggabungkannya dengan Bank van Leening menjadi Bank Courant en Bank van Leening yang menjadi cikal bakal perbankan nasional.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi elok yang menggambarkan situasi di depan loket kasir bank pada jaman kolonial. Tulisan pada kanan tengah berbunyi "Kashouder".

museum bank indonesia jakarta