Foto Museum Bank Indonesia 3

aroengbinang.com - Instalasi seorang pria bercelana komprang memakai baju lengan panjang tak dikancing tengah memanggul sekantung rempah-rempah yang disorongkan sebelumnya oleh pria lainnya yang berjongkok dengan satu lutut menyentuh tumpukan karung tinggi.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi tonggak kayu dan lukisan kapal. Sejak lama Asia Tenggara merupakan wilayah sangat ramai yang memperdagangkan rempah, porselen, sutera, dan bahkan budak asal Afrika. Sebagai alat tukar digunakan rempah, kerang, manik-manik, moko, dan belencong. Pada abad ke-9 sampai ke-13 sejumlah kerajaan di Nusantara telah menerbitkan alat tukar berupa uang logam dari emas, timah, perak, dan tembaga. Uang dari China juga banyak beredar saat itu.

museum bank indonesia jakarta

Miniatur Jung Jawa, kapal dagang layar yang melayari Laut Jawa pada sekitar abad ke-16, hingga sampai ke Madagaskar. Masa kejayaan maritim kerajaan Nusantara surut setelah semua Jung di yang ada di Jepara dibakar oleh VOC pada 1618, 1628, dan 1628.

museum bank indonesia jakarta

Kompas, peta, teleskop dan sejumlah peralatan pelayaran lainnya yang digunakan orang pada jaman dahulu untuk mengarungi samudera.

museum bank indonesia jakarta

Teks dalam dua bahasa yang membantu pengunjung untuk lebih memahami apa yang hendak diceritakan oleh koleksi dan instalasi yang ada di Museum Bank Indonesia.

museum bank indonesia jakarta