Foto Museum Bank Indonesia 10

aroengbinang.com - Poster yang menceritakan mimpi buruk bagi ekonomi dan rakyat Indonesia saat terjadi krisis di segala lini pada periode 1997 - 1998. Salah satunya adalah rupiah sempat terjun bebas.

museum bank indonesia jakarta

Peristiwa terkait perbankan di era krisis ekonomi. Pada 3 September 1997 pemerintah memutuskan melikuidasi bank-bank yang tidak sehat. Pada 8 Oktober 1997 pemerintah memutuskan meminta bantuan IMF untuk menanggulangi krisis. Pada 21 Oktober pemerintah menyampaikan usulan penutupan tujuh bank, namun IMF menghendaki lebih, dan akhirnya disepakati 16 bank yang harus segera dilikuidasi.

museum bank indonesia jakarta

Menggambarkan dering telepon di Bank Indonesia yang tak pernah berhenti saat krisis moneter pada 1998, karena banyak bank yang tak punya uang, dan uang rakyat di bank juga terancam hilang.

museum bank indonesia jakarta

Momen bersejarah saat Presiden Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden setelah gagal membentuk kabinet efektif di tengah krisis multidimensi yang berat. Soeharto digantikan BJ Habibie yang berhasil menstabilkan pemerintahan dalam waktu yang singkat. Manuver para politisi di MPR membuat Habibie tersingkir, dan Megawati yang mestinya menjadi presiden juga tersingkir digantikan oleh Gus Dur, yang kemudian dijatuhkan oleh orang-orang yang sama, menjadikan Megawati akhirnya sebagai presiden.

museum bank indonesia jakarta

Instalasi pohon yang menggambarkan pentingnya pertumbuhan ekonomi berkualitas dan berkesinambungan, yang menjadi prasyarat utama bagi tercapainya kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera.

museum bank indonesia jakarta