Foto Museum Adityawarman 1

Pandangan dekat pada patung berpakaian adat yang sedang meniup seruling. Di daerah Minang, seruling atau suling dikenal sebagai Saluang, terbuat dari bambu tipis atau talang untuk jemuran kain atau talang yang hanyut di sungai.

Panjang Saluang antara 40-60 cm, berdiameter 3-4 cm. Bagian atas diserut meruncing sekitar 45 derajat, dan lubang pertamanya yang bergaris tengah 0,5 cm dimulai dari 2/3 panjang bambu diukur dari bagian atas, dan lubang kedua hingga keempat berjarak setengah lingkaran bambu. Pemain saluang legendaris dari Minang adalah Idris Sutan Sati.

bangunan museum adityawarman

Pandangan lebih dekat pada patung sepasang pria wanita Minang di awal anak tangga bangunan museum. Yang pria terlihat gagah dan yang wanita tampak cantik.

bangunan museum adityawarman

Anak tangga menuju ke pintu utama Museum ada tiga trap, dengan trap pertama enam anak tangga dan dua trap berikutnya masing-masing ada tujuh anak tangga, yang boleh jadi memiliki makna tertentu. Di sebelah kiri bawah tampak patung seorang wanita tengah menuangkan air dari sebuah guci, dan sebelah kanan juga menuangkan air namun dari sebuah bambu besar.

bangunan museum adityawarman

Sudut pandang yang memperlihatkan monumen di latar depan dan bangunan museum di belakang sana. Ornamen seperti tatanan batu yang dicat hitam berbatas putih pada badan monumen memberi kesan tersendiri.

bangunan museum adityawarman

©2020 aroengBinang