Foto Monumen Lengkong 1

aroengbinang.com - Penampakan Monumen Lengkong Tangerang dilihat dari punggung bukit yang menyembunyikan prasasti berisi nama-nama taruna dan perwira yang gugur dalam peristiwa Lengkong. Monumen ini sepertinya dirancang bukan sebagai tempat wisata sejarah, setidaknya karena tidak ditemukan tempat duduk di sekitar lokasi, yang membuat orang ingin cepat-cepat meninggalkan tempat setelah berkunjung. Area di dekitar Monumen Lengkong mungkin hanya dipergunakan dan ramai dikunjungi orang setahun sekali ketika dilakukan acara peringatan yang dilakukan setiap tanggal 25 Januari, tanggal terjadinya peristiwa Lengkong.

monumen lengkong tangerang

Hampir pasti saya tidak sendirian, bahwa meskipun sudah lebih dari dua puluh tahun saya mengenal Jl. Daan Mogot yang menghubungkan Jakarta dan Tangerang, namun saya baru mengetahui siapa itu Daan Mogot dan apa peranannya, saat mengetahui keberadaan Monumen Lengkong ini, dan membaca dengan mata kepala sendiri tentang bagaimana Peristiwa Lengkong itu terjadi. Jasad Mayor Daan Mogot disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Taruna di Kota Tangerang.

monumen lengkong tangerang

Tulisan pada tengah bawah berbunyi "Untuk mengenang para kusum bangsa yang telah gugur ketika menjalankan tugas untuk negara pada bulan Maret 1946 telah diciptakan lagu "Pahlawan Lengkong". Jauh di sana di balik tembok, terletak taman pahlawan raya, tewas berjuang di medan Lengkong, untuk membela nusa dan bangsa, s'lamat tinggalla ibunda, s'lamat tinggalla ayahanda, pupergi jauh ke sana, mencari bahagia".

monumen lengkong tangerang

Daftar nama anggota Tentara Nasional Indonesia (TRI) yang gugur dalam Peristiwa Lengkong. Perwira TRI adalah Mayor Daan Mogot (Direktur Akademi Militer Tangerang), Letnan I Soebijanto Djojohadikoesoemo (Polisi Tetara Resimen IV), Letna I Soetopo (Polisi Tentara Resimen IV).

monumen lengkong tangerang

Kemboja, bunga kemboja di pinggiran Monumen Lengkong memberi warna, dan suasana tersendiri bagi pengunjung yang datang. Bunga kemboja atau Kamboja juga biasa ditanam di area pemakaman oleh karena selain sebagai peneduh juga bisa diambil bunganya untuk disematkan di atas makam.

monumen lengkong tangerang