Foto Monumen Irian Barat 9

aroengBinang.com - Kalimat yang diucapkan oleh H Dr Subandrio di New York pada 15 Agustus 1962, “Now that this agreement has been signed, now that the Indonesian unity is reaching its completion, I sincerely hope that the traditional friendship between Indonesia and Netherlands could be restored.”

monumen pembebasan irian barat

Potongan pidato Presiden Sukarno di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1962, “Irian Barat harus dibebaskan dari kolonialisme Belanda sebelum ayam jantan berkokok pada tanggal 1 Januari 1963.”

monumen pembebasan irian barat

Kutipan Piagam Kotabaru, 3 Februari 1963, “Bahwa kami putera-putera Irian Barat juga mengakui 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan Rakyat dan Wilayah Irian Barat dari tangan penjajah, mendukung cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 dan mengakui Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 sebagai Sumpah Rakyat Irian Barat.”

monumen pembebasan irian barat

Petikan kalimat yang diucapkan Presiden Sukarno di Kotabaru pada tanggal 4 Mei 1963, “… dan syukur alhamdulillah 1 Mei.., 1 Mei tepat, bendera UNTEA sudah turun, Bendera Sang Merah Putih yang kita cintai telah dinaikkan sebagai bendera tunggal di Irian Barat. Republik Indonesia sudah utuh kembali, yaitu saya ulangi kekuasaan antara Sabang dan Merauke.”

monumen pembebasan irian barat

Petikan kalimat Presiden Sukarno pada saat peresmian Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta, pada 18 Agustus 1963, “Satu monumen yang perkasa, namanya Monumen Irian Barat. Bisa juga diartikan sebagai monumen perjuangan kita untuk membebaskan seluruh tanah air kita Indonesia dari cengkeraman imperialisme, jadi bukan saja Irian Barat tetapi seluruh tanah air kita dari Sabang sampai Merauke. Monumen ini adalah juga monumen menggambarkan jiwa kita, semangat kita, cita-cita kita, yaitu menjadi satu bangsa yang besar.”

monumen pembebasan irian barat

, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! aroengBinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya. Balik ke atas ↑
©2020 aroengBinang