Foto Monumen Irian Barat 3

aroengbinang.com - Monumen Pembebasan Irian Barat dilihat dari puncak pelataran ujung area amphiteater. Jika saja di sepanjang tepian danau ada tanaman perdu pendek yang sepanjang waktu berbunga tentu akan terlihat lebih cantik lagi.

monumen pembebasan irian barat

Menara Masjid Istiqlal tampak di ujung sebelah kiri sana. Di depan dua buah mobil yang tengah parkir adalah pos keamanan. Saya sempat berpikir hendak parkir di tempat itu namun ragu apakah diperbolehkan. Sebelah kanan adalah area bermain anak yang lumayan luas dengan beragam permainan bagus, serta ada dua buah lapangan sepak bola ukuran penuh.

monumen pembebasan irian barat

Seorang pria berkaos merah tampak sedang melintas di depan tugu prasasti yang berisi informasi tentang Monumen Pembebasan Irian Barat. Di ujung sana yang dibatasi dengan pagar kawat agak tinggi adalah area bermain anak yang bersebelahan dengan lapangan sepak bola.

monumen pembebasan irian barat

Pada foto, di sebelah kiri tugu Monumen Pembebasan Irian Barat, di bawah deretan tiang-tiang bendera yang saat itu hanya satu tiang yang dipasang bendera Merah Putih, menempel pada dinding deretan prasasti yang menyalin teks proklamasi, isi pidato atau pernyataan tokoh-tokoh nasional.

monumen pembebasan irian barat

Lorong ini terdapat pada bagian paling atas dari amphiteater, cukup lebar, dan di tepiannya diberi tempat duduk beton yang melingkar sepanjang dan mengikuti garis lengkung amphiteater. Adanya pepohonan, meski tak begitu membantu pada siang hari namun memberi pandangan yang sejuk di pagi dan sore hari.

monumen pembebasan irian barat