Foto Monumen Irian Barat 12

Sudut pandang lainnya yang mengarah ke gedung Pertamina dengan tugu prasasti terlihat di sebelah kiri depan. Jauh di ujung sana adalah lidah api bersaput emas dari Tugu Monumen Nasional.

monumen pembebasan irian barat

Rombongan kecil pemuda berambut cepak dan berbadan atletis itu melintas lagi. Cukup lama mereka berolah raga lari hingga senja mulai jatuh di kawasan Lapangan Banteng. Di sebelah kiri adalah tembok dimana terdapat deretan prasasti yang berisi cuplikan sejarah.

monumen pembebasan irian barat

Lapangan sepak bola ini berada di sisi kiri luar Monumen Pembebasan Irian Barat. Seringnya lapangan rumput itu dipakai dan perawatan yang kurang sigap membuatnya mulai gundul di bagian yang sering digunakan untuk menggiring bola.

monumen pembebasan irian barat

Sisi sebelah kiri area Taman Lapangan Banteng yang digunakan untuk area bermain anak, dengan sejumlah permainan luncuran serta ayunan. Penjual makanan dan minuman keliling bisa ditemui di sini, yang cukup membantu bagi pengunjung yang merasa haus dan lapar, meskipun di beberapa tempat telah disediakan kran dengan air siap minum.

monumen pembebasan irian barat

Di latar depan adalah dagangan yang berisi minuman dingin dan minuman panas, serta pop mie dan makanan kecil lainnya. Fasilitas di area bermain anak boleh dikatakan memiliki kualitas yang sangat baik, dengan jumlah dan ragam permainan yang cukup memadai.

monumen pembebasan irian barat

©2020 aroengBinang