Foto Monumen Ari-Ari Kartini

Pandang dekat pada kendi gerabah dimana sisa-sisa Ari-Ari Kartini disimpan. Empat buah tempat lilin yang dipasang bohlam putih terlihat mengelilingi bokor yang menyangga kendi. Bagi orang Jawa jaman dahulu, ari-ari sering dianggap sebagai saudara tua dari si bayi, yang harus dirawat dengan baik agar sang adik tumbuh sehat dan tak rewel.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Bagian depan Monumen Ari-Ari Kartini Mayong Jepara, memperlihatkan sumur tua dan gentong air berlandas bata telanjang. Sumur itu merupakan peninggalan tersisa dari bangunan Kawedanan Mayong asli yang telah dibawa ke Jepara. Airnya yang tak pernah kering, meski kedalamannya sumur hanya 10 meter, disedot dengan pompa listrik lewat pipa paralon.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Monumen sederhana dengan puncak berujud lidah api berwarna keemasan yang ada di samping kiri cungkup ini berangka 10 November 1951. Di atas angka itu ada tulisan "Tempat R.A. Kartini dilahirkan 21 April 1879".

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Pandangan yang lebih jelas pada sumur tua yang telah diperbaiki, dan dipasang pipa-pipa paralon untuk menyedot air sumur yang konon tak pernah kering meski di musim kemarau sekalipun. Meskipun kedalaman sumur itu hanya 10 meter. Barangkali itu karena tidak jauh dari kompleks terdapat sungai yang lumayan besar.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Pandang dekat kendi bertutup dimana terdapat Ari-Ari Kartini yang disangga bokor keemasan. Jumlah lampu yang mengelilingi, serta jumlah helai bunga teratai di bawahnya melambangkan hari kelahiran R.A. Kartini.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Pandangan pada sisi sebelah kiri, dilihat dari depan, memperlihatkan monumen sederhana di bagian belakang, dan sumur asli di bagian depan. Meskipun tidak bisa di bilang rindang dan teduh, namun adanya sejumlah pepohonan serta tanaman perdu di area ini cukup membantu memberi kesejukan pada mata.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

Pandangan pojok pada cungkup terbuka dimana disimpan ari-ari RA Kartini. Kompleks Monumen Ari-Ari Maying Jepara ini dibuat Pemda Jepara pada 1979, dan direnovasi pada 1981 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah Daoed Joesoef.

monumen ari-ari kartini mayong jepara

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.