Foto Masjid Sijuk 2

Bagian pendopo masjid lantainya telah diganti keramik, sedangkan bagian lainnya masih dipertahankan sesuai aslinya. Umpak pada keempat tiang penyangga pendopo juga telah dilapis keramik. Bekas air dari atap bocor masih terlihat jelas pada langit-langit pendopo, menunjukkan masjid ini telah memerlukan perawatan. Adanya deretan botol air mineral serta tumpukan karpet memberi indikasi telah diperlukannya gudang penyimpanan.

masjid sijuk belitung

Pada sisi luar Masjid Sijuk terdapat undakan berbentuk setengah lingkaran untuk masuk ke bangunan utama masjid. Warna garis biru kembali terkesan mencolok, yang hemat saya tidak sesuai untuk sebuah bangunan tua semacam ini. Mudah-mudahan bukan karena ada sebuah partai yang menyumbang masjid, lalu memaksakan warna partainya digunakan di masjid ini.

masjid sijuk belitung

Masjid Al Ikhlas Sijuk bukanlah masjid pertama yang dibangun di Belitung, namun tampaknya merupakan masjid tertua yang masih tersisa saat ini. Masjid pertama yang berdiri di Belitung konon dibangun di kaki gunung Parang Bulu di Membalong, namun tidak jelas benar kapan tahun berdirinya dan apakah masih ada sisa jejaknya.

masjid sijuk belitung

©2020 aroengBinang