Foto Masjid Pintu Seribu

aroengBinang.com - Di ujung lorong Masjid Pintu Seribu Tangerang ini terdapat ruangan panjang setengah terbuka untuk sembahyang berjamaah, zikir bersama dan kegiatan spiritual lainnya. Ada mimbar dan bedug tua dengan kentonganya di sama. Di sebelah kiri ruang ini ada makam putra pendiri Masjid Pintu Seribu, yang sering diziarahi para pengunjung.

masjid pintu seribu tangerang

Foto di bawah adalah ruangan dengan penerangan lampu listrik yang minimal ini berada di dasar bangunan bertingkat yang berada di sebelah kiri jalan, nyaris menyerupai sel bawah tanah. Ruangan Masjid Pintu Seribu Tangerang yang agak pengap ini digunakan untuk berdzikir dalam kelompok-kelompok secara bergilir dengan dibatasi waktu dan jumlah orangnya. Untuk sampai ke ruangan ini saya harus berjalan seperti orang buta dengan menyusuri lorong sempit berliku gelap pekat yang hanya bisa dilalui satu orang.

masjid pintu seribu tangerang

Bedug yang sudah bobrok dengan separuh kulitnya sudah robek lepas tak berbekas. Sepasang kentongan yang mengapit bedug juga sudah banyak terkelupas permukaan kayunya. Amplifier dan sebuah jam almari diletakkan di belakang bedug.

masjid pintu seribu tangerang

Masih di sekitar ruangan bawah gedung itu, dengan pencahayaan sangat rendah saya sempat mengambil foto ruangan ini dengan memakai tripod, fokus manual, dan kecepatan shutter rendah, sehingga ruangan yang mestinya gelap ini bisa terlihat.

masjid pintu seribu tangerang

Area di puncak bangunan bertingkat Masjid Pintu Seribu ini merupakan ruangan terbuka dengan menara setengah jadi, yang lantainya kotor dan terkesan agak kumuh, karena tampaknya tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik.

masjid pintu seribu tangerang

Beberapa saat kemudian kami turun dengan melewati jalur berbeda dengan saat kami datang, dan perjalanan berakhir pada sebuah bangunan setengah jadi, tempat dimana saya menghirup udara segar setelah keluar dari labirin yang menggetarkan hati itu.

masjid pintu seribu tangerang

, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! aroengBinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya. Balik ke atas ↑
©2020 aroengBinang