Foto Masjid Jami AnNawier 2

aroengbinang.com - Bedug berbentuk memanjang di sisi kanan masjid. Tak ada ornamen pada badan bedug, dan kaki-kaki penyangganya pun terkesan sangat biasa, cenderung sederhana.

masjid jami annawier pekojan

Keluar ke sisi kanan terdapat serambi memanjang dan ruang terbuka di sebelahnya. Beberapa orang tampak tengah meluruskan punggung setelah shalat dzuhur. Di ujung sana terdapat sebuah bedung yang bentuknya memanjang. Dari area terbuka saya bia melihat menara masjid.

masjid jami annawier pekojan

Pandangan lebih dekat ke arah menara masjid yang tampak menyerupai benteng pengintai. Lubang-lubang lengkung di puncak masjid digunakan sebagai tempat dipasangnya corong speaker.

masjid jami annawier pekojan

Jika saja lorong masuk ini atapnya dibuat lebih tinggi, semacama atap tumpang dengan lubang-lubang saluran udara dan cahaya, kesannya tentu akan berbeda.

masjid jami annawier pekojan

Papan nama Masjid Jami AnNawier Pekojan yang menyebutkan alamat, yaitu di Jl. Pekojan Raya No 71, Jakarta Barat, serta tahun pendirian pada 1180 H atau 1760 M, lima tahun setelah VOC menandatangani Perjanjian Giyanti yang mengakui Mangkubumi sebagai Sultan Hamengkubuwana I dan menandai lahirnya Kesultanan Yogyakarta.

masjid jami annawier pekojan

Halaman masjid yang tak begitu luas dimanfaatkan sebagai taman yang sedikit membantu suasana agar tak terlalu terasa gersang dan panas. Hanya saja memang tak ada tempat untuk parkir kendaraan yang memadai.

masjid jami annawier pekojan