Foto Masjid Gedhe Kauman 1

Pandangan dekat pada bagian mihrab Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta sebagai tempat imam memimpin shalat berjamaah. Mimbar kayu berukir dengan warna keemasan bertingkat tiga tampak berada di sebelah kanan mihrab, dan di sebelah kirinya terdapat maksura yang merupakan tempat khusus bagi sultan saat melakukan ibadah di masjid. Jika diperhatikan maka akan terlihat bahwa garis shaf tidak sejajar dengan tembok dinding mihrab, oleh sebab arah kiblat ternyata tidak sama dengan arah mihrab dan perlu dilakukan penyesuaian pada shaf.

masjid gedhe kauman yogyakarta

Di depan gerbang gapura yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono V itu terdapat papan penanda berbunyi "Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kagungan Dalem Masjid Gedhe Ngayogyakarta, Alamat Jl Kauman Yogyakarta", dengan lambang kerajaan di atasnya. Gapura itu bergaya joglo Semar Tinandhu yang disangga setidaknya enam pilar di depan tembok dan enam lagi di belakangnya.

masjid gedhe kauman yogyakarta

Pada tembok rendah di sebelah kiri gapura menempel prasasti batu marmer dengan latar mustaka masjid yang berbentuk bebungaan lambang kerajaan. Di ujung kanan halaman terdapat papan baca berisi koran lokal terbitan hari itu. Model atap limasan susun tiga di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang tampak elok itu disebut Tajug Lambang Teplok dimana atap penanggap menempel langsung pada soko guru.

masjid gedhe kauman yogyakarta

©2020 aroengBinang