Foto Masjid At-Taqwa 1

Pintu masuk jamaah wanita Masjid At-Taqwa dengan hiasan kaligrafi berwarna keemasan yang anggun. Di sebelah kirinya adalah menara Masjid At-Taqwa dengan keempat minaret yang mengelilingi masjid.

masjid at-taqwa cirebon

Pada tiang masjid yang berlapis batu granit ada ukiran ornamen bunga di tengah bintang segi delapan dan ornamen suluran melingkar di luarnya, semuanya berwarna keemasan.

masjid at-taqwa cirebon

Lantai masjid yang terbuat dari batu granit dibiarkan telanjang tanpa dilapis karpet. Sebagaimana dijumpai pada banyak masjid lain di tanah air, di sebelah kiri kanan mihrab Masjid At-Taqwa juga terpasang hiasan kaligrafi yang berbunyi “Allah” dan “Muhammad”.

masjid at-taqwa cirebon

Lampu kristal gantung di ruang utama yang dipasang tepat di tengah-tengah bagian dalam puncak masjid yang berbentuk limas, tidak sebagaimana lazimnya masjid lain yang berbentuk kubah, dengan ornamen bintang bersegi delapan di sekelilingnya.

masjid at-taqwa cirebon

Hiasan kaligrafi ayat-ayat yang diukir di atas bilahan kayu jati dengan detil yang rumit dan indah, berada di daerah mihrab Masjid At-Taqwa. Sementara mimbar kayu untuk khotib tak banyak berhias ornamen.

masjid at-taqwa cirebon

©2020 aroengBinang