Foto Makam Perang 3

aroengbinang.com - Lita dan Rika tengah menengarai sebuah nisan kubur dengan latar Tugu Peringatan yang berbentuk salib di atasnya, karena kebanyakan yang dimakamkan di lokasi ini tampaknya beragama Kristen, meski ada juga yang beragama Yahudi, Islam, atau tidak ada lambang keagamaan di nisannya.

makam perang jakarta menteng pulo

Nisan kubur berlambang Kukri, pisau legendaris tentara Gurkha, milik seorang kapten dari 10th Gurkha Rifles yang meninggal pada 14 Maret 1946 dalam usia 30 tahun. Di baris bawah ada tulisan "Sadly missed and in constant remembrance".

makam perang jakarta menteng pulo

Nisan kubur seorang Ldg (Leading) Aircraftman anggota Roya Air Force (RAF) yang meninggal pada 25 November 1945 dalam usia 24 tahun. Pada lambang burung di atasnya tertulis "Per ardua ad astra" atau "Through struggle to the stars" yang merupakan motto RAF serta tentara Persemakmuran lainnya seperti RAAF, RCAF, RNZAF dan SAAF.

makam perang jakarta menteng pulo

Menengok ke sisi sebelah kiri terlihat susunan nisan Makam Perang Jakarta yang diletakkan dengan tingkat presisi tinggi. Tidak ada toleransi sedikit pun untuk penyimpangan, seperti disiplin militer yang patut dicontoh masyarakat sipil.

makam perang jakarta menteng pulo

Pemandangan ke sisi sebelah kanan Makam Perang Jakarta. Di sisi ini terdapat makam Brigadier Aubertin Walter Sothern Mallaby CIE OBE, komandan 49th Indian Infantry Brigade.

makam perang jakarta menteng pulo