Foto Makam Mangkuprojo

Serambi Makam Adipati Mangkuprojo dengan atap rendah dan disangga pilar-pilar. Akses ke dalam makam berdaun pintu kembar itu digembok. Pada dinding menempel keramik hitam bertulis warna emas, berbunyi: "Makam Eyang KR Adipati Mangkuprodjo, Pekuncen, Gombong. Pemugaran diresmikan pada tanggal 7 Oktober 1993 oleh Ahliwaris Putrawayah".

makam adipati mangkuprojo pekuncen

Deret makam yang ada di serambi pada cungkup yang ada di sebelah kiri cungkup Makam Adipati Mangkuprojo. Hanya ada satu penanda kubur pada makam-makam itu, yaitu "Ngabehi Mangkurejo".

makam adipati mangkuprojo pekuncen

Pemandangan pada serambi cungkup makam dan akses jalan di dalam tembok. Makam Adipati Mangkuprojo berada di sebelah kiri serambi yang tampak di latar depan. Adanya ornamen bunga melati pada tugu tembok menandai status keningratan penghuni makam.

makam adipati mangkuprojo pekuncen

Dua diantara kubur tua terlihat di sana. Adanya alang-alang yang tinggi menandai bahwa kompleks kubur ini sudah agak lama tidak dibersihkan. Tembok di sebelah kanan adalah bagian dari sebuah blok makam.

makam adipati mangkuprojo pekuncen

Akses jalan di luar tembok cungkup makam yang saya sambil sesaat sebelum menuruni puncak perbukitan ini. Jika saja dipasang nomor telepon rumah atau nomor telepon genggam kuncen pada serambi makam, maka itu akan sangat membantu bagi pengunjung.

makam adipati mangkuprojo pekuncen

Puncak bukit dimana makam berada memang cukup tinggi, dan oleh karenanya ada sejumlah segmen undakan dengan jeda lantai datar pendek sebelum melangkah menapak ke undakan menanjak yang berikutnya. Undakan ini cukup landai yang berdampak langsung pada jumlah undakan yang menjadi jauh lebih banyak untuk ditapaki ketimbang jika curam tanjakannya.

makam adipati mangkuprojo pekuncen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.