Foto Makam Kyai Mojo 1

Makam Kyai Mojo adalah satu-satunya makam di dalam kompleks ini yang kijingnya memiliki undakan sembilan tingkat. Di dalam cungkup Makam Kyai Mojo, juga terdapat makam beberapa orang keluarga dan pengikutnya. Nisannya ditutup dengan mori putih, dan tak ada niat saya untuk membukanya.

makam kyai mojo minahasa sulawesi utara

Papan nama di Makam Kyai Mojo itu menceritakan bahwa rombongan Kyai Mojo yang tiba di Tondano pada akhir tahun 1929 itu berjumlah 63 orang, dan semuanya laki-laki. Mereka kemudian menikah dengan wanita Minahasa, diantaranya bermarga Supit, Sahelangi, Tombokan, Rondonuwu, Karinda, Ratulangi, Rumbajan, Malonda, Tombuku, Kotabunan, dan Tumbelaka, dan kemudian beranak pinak di Kampung Jaton di Tondano itu.

makam kyai mojo minahasa sulawesi utara

Sebuah prasasti yang dipahat di dinding tembok kiri pintu gerbang, yang menunjukkan pemugaran kompleks Makam Kyai Mojo diresmikan oleh Prof. Dr. Haryati Soebadio pada 1981.

makam kyai mojo minahasa sulawesi utara

Anak tangga undakan menuju ke atas bukit yang kondisinya cukup baik, serta diteduhi oleh pepohonan sehingga sangat nyaman untuk menapakinya. Dari cungkup di atas sana kami mengarah ke kanan untuk menapaki lagi sejumlah undakan untuk sampai ke cungkup-cungkup makam.

makam kyai mojo minahasa sulawesi utara

Salah satu cungkup makam yang terlihat dari undakan yang kedua setelah belok ke kanan dari puncak undakan yang pertama. Meskipun tak ada pepohonan yang meneduhi jalan namun jumlah undakan yang kedua ini tidak terlalu banyak meski lebih curam.

makam kyai mojo minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang