Foto Makam Ki Kebo Kenongo 1

Masuk ke dalam cungkup, terlihat kijing Makam Ki Ageng Kebo Kenongo Pengging diselimuti dengan kain merah dan putih, yang praktis menutupi sebagian besar jirat kubur. Dan entah mengapa saat itu saya tak tertarik untuk menyingkap kain penutup kubur itu untuk melihat makam seutuhnya. Satu hal yang biasanya hampir selalu saya coba lakukan.

makam ki ageng kebo kenongo pengging

Silsilah pada tugu yang memperlihatkan garis keturunan mulai dari Prabu Brawijaya V hingga Jaka Tingkir (Sultan Hadiwijaya, Sultan Pajang), yang adalah putera Ki Ageng Kebo Kenongo (Kenanga) atau Ki Ageng Pengging.

makam ki ageng kebo kenongo pengging

Pada dinding di sebelah kiri pintu cungkup menempel tulisan yang berisi silsilah Ki Ageng Kebo Kenongo dengan uraian yang lebih rinci. Sedang di sebelah kanan pintu terdapat tengara yang ditulis dalam aksara Jawa, dan di baris paling bawah terdapat angka "4-8-1989". Mungkin tahun pembuatan atau renovasi bangunan ini.

makam ki ageng kebo kenongo pengging

Foto dan keterangan tentang kuncen Makam Ki Ageng Kebo Kenongo. Juru kunci rupanya ada dua orang. Yang pertama Hadi Suyanto dan yang kedua bermana Karsino. Masa jabatan kuncen tertulis dari 9 September 2012 - 9 September 2015, dan disebutkan pula alamatnya, yaitu RT 07 RW 02 Pengging, Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali.

makam ki ageng kebo kenongo pengging

©2020 aroengBinang