Foto Makam Ki Gede Gamel

Sebuah pohon beringin dengan batang sangat besar di halaman Makam Ki Gede Gamel ini menjadi sebuah penanda bahwa Makam Ki Gede Gamel sudah berusia tua. Musholla tampak di latar belakang yang terlihat melalui lengkung gapura yang unik.



Sebuah Balai panjang beratap welit dengan 6 tiang penyangga di halaman Makam Ki Gede Gamel di sana konon adalah salah satu warisan Ki Gede Gamel. Nama asli Ki Gede Gamel adalah Ki Suradinata, yang menurut cerita merupakan salah satu pengikut dari Sunan Gunung Jati.



Makam Ki Gede Gamel tampaknya berada di sebelah ujung kompleks pemakaman ini, terlihat dari gapura putih serta tembok keliling di latar belakang foto di atas. Entah apa yang ada di belakang sana, karena saya tidak sempat masuk ke dalam kompleks Makam Ki Gede Gamel ini.



Anak-anak terlihat bermain di belakang sepasang tembok gapura Makam Ki Gede Gamel yang terbuat dari susunan bata merah. Jika mengikuti pakem maka gapura yang memisahkan bagian luar dengan bagian tengah ini mestinya berbentuk candi bentar, dengan bagian atas terpisah. Mungkin itu sebagai perlambang bahwa siapa saja boleh masuk ke area yang ada di dalamnya.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.