Foto Makam Imogiri 2

Tengara sebelah bawah berbunyi "Makam Pahlawan Nasional, Jenderal TNI Gusti Pangeran Haryo Adipati Djatikusumo, 1917 – 1992, sesuai Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 073 / TK / Tahun 2002, Tanggal 06 Nopember 2002." Nama Djatikusumo sebelumnya pernah saya jumpai di Museum Palagan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Ia adalah putera Pakubuwana X.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

Sebagian dari kolam yang berada di bawah Gapura Supit Urang Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. Konon di tengah kolam ini dikubur kaki Tumenggung Endranatalah yang dipenggal kepalanya karena berkhianat membocorkan rencana serangan Sultan Agung ke Batavia kepada VOC. Kepalanya dikubur di tengah-tengah Gapura Supit Urang, dan badannya dikubur di bawah tangga gapura yang permukaannya tidak rata, sehingga akan selalu diinjak-injak oleh setiap pengunjung yang datang.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

Gentong Kyai Danumaya yang merupakan pemberian dari Kerajaan Samudera Pasai, Aceh. Gentong ini ada pada posisi kedua dari kiri. Kesultanan Pasai, atau Samudera Darussalam, atau Samudera Pasai, merupakan kerajaan Islam ydi pesisir utara Pulau Sumatera, sekarang berada di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

©2020 aroengBinang