Foto Makam Honggoyudo 1

Tiga makam yang letak batu batanya sudah tak beraturan lagi dan dibalut lumut hijau berderet di sudut kiri area Makam Kyai Hanggayuda. Keterangan nama di ketiga makam itu juga sudah tidak terbaca lagi.

makam kyai hanggayuda kebumen

Makam Kyai dan Nyai Hanggayuda yang terletak bersisian. Jika makam Kyai Hanggayuda masih relatif utuh, maka tidak demikian dengan makam Nyai Hanggayuda yang terlihat sudah retak, mungkin karena lebih dekat jaraknya ke pohon.

makam kyai hanggayuda kebumen

Pohon Panggang berusia ratusan tahun dengan percabangan batang yang banyak. Bagian bawah pohonnya terlihat ruwet namun indah karena balutan akar-akarnya yang besar.

makam kyai hanggayuda kebumen

Makam Hanggayuda dengan Pohon Panggang di dekatnya. Akar Pohon Panggang inilah yang kemudian membuat retak kijing, terutama kijing yang lebih dekat ke pohon. Di ujung sana terlihat bata telanjang yang disusun menjadi tembok namun sudah rusak.

makam kyai hanggayuda kebumen

Makam Hanggayuda dengan latar belakang Pohon Panggang yang satunya lagi. Pohon ini lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan pohon yang ada di sebelah kanan makam. Karena jaraknya masih cukup jauh dari makam, akar pohon itu belum sampai mengganggu makam.

makam kyai hanggayuda kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.