Foto Makam Habib Ahmad 2

Cungkup makam Habib Ahmad yang berbentuk segiempat dengan ukuran 15 x 15 meter, meskipun sisi sebelah utara dan selatan tampak sedikit lebih panjang. Di latar depan masih ada kesibukan antara peziarah dan pedagang batik.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Di sisi barat cungkup Makam Habib Ahmad di Sapuro Pekalongan terdapat sebuah masjid yang cukup besar dan malam itu masih terang benderang dengan sejumlah orang ada di dalamnya.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Selain terkenal sebagai kota yang kental kehidupan keagamaannya, Pekalongan memang tidak bisa dipisahkan dari perdagangan batik, dan bisa dimkalumi bahwa banyak peziarah yang berburu kain batik ketika berziarah ke tempat ini.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Sejumlah makam yang ada di Kompleks Makam Sapuro Pekalongan, kompleks makam yang terbesar di kota batik ini. Di Makam Sapuro ini kabarnya ada makam Adipati Tan Kwee Jan, seorang tionghoa muslim yang menjadi adipati pertama pekalongan di jaman kolonial. Juga ada makam Adipati Pasuruhan.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Sisi selatan cungkup Makam Habib Ahmad yang pintunya ditutup agar peziarah tidak terganggu dengan kegiatan yang ada di luarnya. Sejumlah besar lapak penjual batik di latar depan tampak telah ditutup setelah seharian berjualan melayani peziarah yang ingin membeli batik.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.