Foto Makam Habib Ahmad 1

Meskipun waktu itu sudah cukup malam namun masih ada beberapa orang yang terlihat tengah berziarah dengan membaca ayat-ayat suci, atau berdoa secara sendiri-sendiri di seputar Makam Habib Ahmad di Kompleks Makam Sapuro ini. Tak ada pemisah antara peziarah pria dan wanita, namun peziarah wanita biasanya mengambil tempat agak di belakang.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Keramik dengan tulisan kaligrafi Arab tampak menempel di atas pintu ruangan Makam Habib Ahmad, dan di bawah jam juga ada sejumlah guratan konsentrik yang sepertinya juga merupakan huruf Arab.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Selain ada sejumlah lampu neon ada pula sebuah lampu gantung dua tingkat yang dibalut dengan pita lingkaran berisi kaligrafi yang dibuat dengan halus dan menarik.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Foto sejumlah ulama dipasang pada dinding di sisi timur ruangan Makam Habib Ahmad, yang sebagian tertutup pintu. Setidaknya ada 40 foto ulama yang dipajang, namun tak bisa saya baca nama-namanya dari jauh.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

Para pedagang batik yang masih membuka lapaknya tampak tengah melayani peziarah, dengan latar bus yang mereka gunakan. Untuk menginap para peziarah bisa tinggal di rumah penduduk sekitar, namun ada juga yang menginap di jalan, alias di dalam bus dalam perjalanan ke makam wali yang lainnya.

makam habib ahmad sapuro pekalongan

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.