Foto Makam Gunung Kelir 1

Kolam air di puncak bukit tempat dimana tadinya Ratu Mas Malang hendak dimakamkan yang kami kunjungi dengan melewati jalan setapak ke area bukit yang lebih tinggi. Sayang tempat yang disebut Sendang Mulyo itu hanya terlihat seperti kubangan tak terawat, diteduhi Pohon Kepuh besar. Menurut Pak Slamet, ada trap-trapan di sendang ini namun tidak terlihat karena tergenang air sedalam 2 m.

makam gunung kelir pleret

Lereng di tepi jalan yang harus dilewati pejalan untuk naik ke Makam Gunung Kelir, diambil dari atas. Tidak ada undakan, namun beruntung lereng ini terbuat dari padas yang tidak licin. Begitu pun saya percaya dulunya pasti ada undakan di sini, namun sepertinya telah hancur karena gempa bumi atau sebab lain dan belum juga diperbaiki sampai saat itu.

makam gunung kelir pleret

Pada dinding tembok Makam Gunung Kelir ini terdapat beberapa goresan berbentuk wayang kulit, namun hanya satu yang terlihat sangat jelas, sedangkan goresan lainnya agak samar. Goresan wayang ini tentu dikarenakan Panjang Mas memang adalah seorang dalang yang tersohor semasa hidupnya. Tidak diketahui dengan pasti siapa pembuat goresan wayang ini.

makam gunung kelir pleret

©2020 aroengBinang