Foto Makam Aroeng Binang 5

aroengbinang.com - Raden Adipati Aroeng Binang VII (R. Maliki Soerjomihardjo) adalah anak ke-3 Aroeng Binang VI yang menjadi Bupati Kebumen pada perideo 1908 - 1934. Tulisan pada kijing menyebutkan bahwa Ia wafat (soeroed) pada 12 November 1945.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Aroeng Binang VII kakung putri memiliki 6 putera-puteri yaitu Ibu Wirjodihardjo, Ibu Mardjaman, Ibu Soerjo, Prof. Ir. R. Soerjomihardjo, Ibu Moekahar Ronohadiwidjojo, Ibu Soeradibrata, Ibu Koesendan Mr. Soedibjo Malikoelkoesno.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Namanya sama dengan Kyai Hanggayuda, ayah Aroeng Binang I, namun mungkin orang yang berbeda, mungkin pula sama. Ada kubur yang disebut Makam Kyai Honggoyudo yang saya kunjungi belakangan di Dukuh Suaran, Desa Mekarsari, Kecamatan Kutawinangun.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Aroeng Binang III (R. Soerjodirdjo) adalah putera R. Honggodirdjo (kakak tiri AB II). Aroeng Binang III mempunyai putera-puteri R.Ay. Tirtodiwirjo, R. Mangoendiwirjo (AB IV), R. Adj. Sebrod (istri AB V), R.Ay. Reksowedono, dan R. Djentoe Soerjodirdjo. Pada jaman Aroeng Binang III ini terjadi Perang Diponegoro (1825-1830), dan Aroeng Binang III berada di pihak yang mendukung kompeni melawan Pangeran Diponegoro, meski seingat saya ada versi yang menyebutkan bahwa secara diam-diam ia justru membantu perjuangan Pangeran Diponegoro.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Cungkup Makam Aroengbinang V ini berada di ujung kiri kompleks Makam Aroeng Binang, dan tampaknya merupakan cungkup terbesar yang ada di sana. Tulisan pada dinding luar berbunyi "Makam Aroeng Binang V. Dipugar oleh putro / wayah. Dimulai pada tgl. 14 Januari 1979. Selesai pada tgl. 4 April 1979".

makam aroeng binang kebejen kebumen