Foto Makam Aroeng Binang 4

Kijing Makam Aroeng Binang IV (R. Mangoendiwirjo, putra sulung Aroeng Binang III) yang terbuat dari tatanan balok kayu polos saling terkait dengan nisan berukir. Sebelum menjadi bupati menggantikan ayahandanya, R. Mangoendiwirjo telah lebih dulu menjabat Matri Sepuluh di Surakarta.

Pendopo Kebumen yang dibangunnya dirusak pada perang kemerdekaan tahun 1947, tersisa chandra sengkala yang disimpan di teras cungkup Makam Aroeng Binang I. Aroeng Binang IV tidak berputra.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Aroeng Binang VIII (R. Sosrohadiwidjojo, wafat 4 Juni 1953) adalah adik Aroeng Binang VII yang sebelumnya telah menjabat sebagai bupati Demak. Ia memiliki putera bernama R. Soedarto.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Aroeng Binang VI (R. Mangoendirdjo) adalah cucu mantu Aroeng Binang V, dan cicit langsung Aroeng Binang I. Dalam usia 83 tahun, pada 1908, Aroeng Binang VI berhenti sebagai Bupati Kebumen, dan wafat pada 1911.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Pada Kijing Makam eyang Aroeng Binang VI kakung putri ini terdapat torehan tulisan dengan huruf Jawa namun sudah agak samar.

makam aroeng binang kebejen kebumen

R.A.A. Sosrodiprojo adalah Bupati Wonosobo (lahir 15/12/1878, wafat 10/12/1947), yang juga adik Aroeng Binang VII dan kakak Aroeng Binang VIII. Sebuah catatan menyebutkan bahwa R.A.A. Sosrodiprojo menjadi Bupati Mangelan tahun 1945 - 1947).

makam aroeng binang kebejen kebumen

©2020 aroengBinang