Foto Makam Aroeng Binang 3

Aroeng Binang II (R. Wongso Dirdjo) menjadi Bupati Kebumen berkantor di Surakarta (1763 - 1781) menggantikan ayahnya yang wafat di Kutowinangun.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Namanya sama dengan nama muda Aroeng Binang II. Demang Wongsodirdjo adalah anak tertua Aroeng Binang II. Situs PATRAB menyebutkan bahwa Aroeng Binang II memiliki 13 putera, yaitu Demang Wongsodirdjo, R. Soetodirdjo, R. Menaksari, R.Ngt Kapitan, R. Soerodirdjo, K.R.T. Soerodiningrat, R. Soerowidjojo, R.Ay. Soerowilogo, R.T. Brontodirdjo, R.Ngt. Troenodirdjo, R.Ngt. Honggodirdjo, R.Ngt. Pengulu Banjarnegara, dan R. SontodirdjoS.

Yang dimakamkan dalam cungkup ini adalah Garwa Padmi dan Ampeyan Aroeng Binang II, R.Ngb. Wongsodikromo, Demang Wongsodirdjo, R.Ay. Surowilogo, R. Sutodirjo Sepuh, mBok Sutodirjo, R.Ngb. Ranudimejo, R. Sarwono, R. Jahur Tirtodiwiryo, Nyi Mangunrejo dan R.Ngt Widyoharjo (garwa ampil R. Tirtohadiwijoyo).

makam aroeng binang kebejen kebumen

Anak ke-10 R.Ng. Wongsodikromo (Penewu Surakarta) adalah R.B. Soemodiwirjo, dan anak ke-4 R.B. Soemodiwirjo adalah R. Hoedawikarta, Penatus Masaran, Banjarnegara. Anak ke-5 R. Hoedawikarta adalah R. Soemantri, yang adalah mendiang ayah saya yang pensiun pada pertengahan tahun 60-an sebagai Wedana Jatinom, Klaten.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Makam R. Ng. Soerodirdjo kakung putri di cungkup Makam Aroeng Binang II. Ia adalah putera ke-5 Aroeng Binang II.

makam aroeng binang kebejen kebumen

Tulisan pada dinding pagar itu berbunyi "Makam Aroeng Binang IV. Dipugar oleh putro / wayah. Dimulai pada tgl. 6 Agustus 1969. Selesai pada tgl. 30 Maret 1970". Bupati Aroeng Binang IV (RM Mangundiwiryo, 1833 - 1861) adalah yang membangun Pendopo Kebumen di petilasan Kyai Bumi.

makam aroeng binang kebejen kebumen

©2020 aroengBinang