Foto Kolam Cibulan 2

Air kolam bergerak bergelombang terus menerus ketika ikan-ikan Kancar Bodas berukuran besar ini berenang saling silang di Kolam Cibulan yang dasarnya bisa terlihat dengan sangat jelas ini.

kolam cibulan kuningan

Ikan Kancra Bodas di Kolam Cibulan ini sungguh merupakan kumpulan ikan yang sangat beruntung. Kehidupan mereka sama sekali tidak diganggu oleh manusia. Makanan mereka pun tercukupi, baik diberikan oleh pengelola maupun pungunjung yang ingin melihat mereka dari jarak dekat.

kolam cibulan kuningan

Agak jauh di kolam sebelah sana terlihat bayang-bayang ikan yang berwarna lebih muda dan putih, sementara ada satu ikan yang warnanya lebih tua dan gelap. Selain karena sumber air beningnya yang keluar tak pernah kering, Kolam Cibulan juga dikuras secara teratur sehingga kebersihan dan kejernihannya terjaga.

kolam cibulan kuningan

Seekor Ikan Kancra Bodas berukuran besar di Kolam Cibulan, yang panjangnya mungkin mendekati 1 meter. Sisiknya terlihat elok dengan bentuk tubuh yang panjang. Ikan-ikan di sini tampak bersih dan elegan, tanda bahwa kehidupan mereka memang enak dan terjaga.

kolam cibulan kuningan

Seorang pengunjung berhasil mengangkat seekor Ikan Kancra dari dalam Kolam Cibulan, menahannya sebentar sebelum dilepas kembali ke kolam. Ikan-ikan Kancra ini memang tampak tidak takut pada pengunjung, karena banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya, dan mereka tidak pernah mengalami hal yang buruk dari manusia.

kolam cibulan kuningan

©2020 aroengBinang