Foto Kelenteng Sijuk 1

Dibandingkan kelenteng yang ada di Jawa, Kelenteng Sijuk terlihat sederhana dengan hanya ada satu bangunan utama yang relatif kecil, meskipun halamannya sangatlah luas.

kelenteng sijuk belitung

Sebuah poster yang menempel di dinding Kelenten Sijuk, berisi 14 Pedoman Hidup Manusia, yaitu: 1.Musuh terutama manusia adalah dirinya sendiri. 2.Kegagalan terutama manusia adalah kesombongan. 3.Kebodohan terutama manusia adalah sifat menipu. 4.Kesedihan terutama manusia adalah rasa iri hati. 5.Kesalahan terutama manusia adalah mencampakkan dirinya. 6.Dosa terutama manusia adalah menipu dirinya dan orang lain. 7.Sifat manusia yang terkasih adalah rasa rendah diri.

8.Sifat manusia yang paling dapat dipuji adalah semangat keuletannya. 9.Kehancuran terbesar manusia adalah rasa keputusasaan. 10.Harta terutama manusia adalah kesehatan. 11.Hutang terbesar manusia adalah hutang budi. 12.Hadiah terutama manusia adalah lapang dada dan mau memaafkan. 13.Kekurangan terbesar manusia adalah sifat berkeluh kesah dan tidak memiliki kebijaksanaan. 14.Ketentraman dan kedamaian terutama manusia adalah suka berdana dan beramal.

kelenteng sijuk belitung

Empat rupang dewa ini berada di pojok kanan ruangan, di sebelah altar sembahyang Hok Tek Ceng Sin. Dua di tengah memegang tombak panjang, sedangkan rupang paling kanan mengenakan pakaian perang, mungkin Kwan Kong (Guan Yu), seorang jenderal terkenal dari era Tiga Negara (Sam Kok). Tiga patung lainnya saya tidak mengenalinya, dan tidak pula ada tulisan di bawahnya.

kelenteng sijuk belitung

©2020 aroengBinang