Foto Kelenteng Kong Miao 3

Pandangan dekat pada ujung kanan Kelenteng Keberkahan, memperlihatkan patung naga di atas puncak atap depan, suluran di atap belakang, ornamen rumah bertingkat pada ujung kerpus, lampion di langit teras, serta ukiran indah sepasang naga berebut mustika pada lubang hawa bundar di dinding bangunan.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Di depan pintu Kelenteng Keberkahan Kong Miao terdapat hiolo Dewa Langit. Di bawah hiolo terdapat simbol Konghucu berupa Genta Rohani berwarna keemasan. Genta Rohani bermakna penyuluh kehidupan, dan keemasan menjadi lambang keluhuran budi manusia beriman dan berkepribadian suci yang bercita-cita tinggi. Lukisan naga tampak di kiri kanan pintu masuk. Klenteng Keberkahan ini berbentuk bujur sangkar, melambangkan bumi atau alam, dan berisikan altar Shen Ming (Para Suci).

kelenteng kong miao tmii jakarta

Pandangan pada teras Kelenteng Keberkahan dari dekat tambur yang berukuran sedang, namun saya tidak menemukan genta. Genta dan genderang biasanya selalu ada di sebuah kelenteng, karena menjadi lambang kekuatan Yin (genderang) dan Yang (genta).

kelenteng kong miao tmii jakarta

Terdapat enam rupang (patung) Shen Ming di dalam ruang Qi Fu Dian Klenteng Kong Miao. Masing-masing berupa dua patung yang sama namun berukuran besar dan kecil. Shen Ming ini tingkatannya masih berada dibawah Nabi (Sheng Ren).

kelenteng kong miao tmii jakarta

Pandangan lebih dekat pada tambur dan ukiran sepasang naga berebut mustika pada lubang hawa. Ukiran patung naga itu dibuat dengan detail dan warna indah yang tentu dibuat oleh tangan terampil berseni tinggi. Di kebudayaan Tiongkok, naga melambangkan kekuatan dan tuah yang mengawal air, hujan, dan banjir. Naga adalah yang (jantan) yang melengkapi Fenghuang (burung Hong, phoenix) yang bersifat yin (betina).

kelenteng kong miao tmii jakarta

Teras depan Klenteng Keberkahan (Qi Fu Dian ) Kong Miao, dengan sepasang naga berebut mustika di masing-masing lubang angin berbentuk bulat di kanan kiri dinding, serta sepasang lagi di kiri kanan pintu. Di depan pintu terdapat hiolo Dewa Langit, lambang Genta Rohani, serta sebuah tambur di sisi kanan teras.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Altar Zao Jun Gong (Coo Kun Kong) ini berada di Zao Jun Dong (Pendapa Malaikat Dapur) Klenteng Kong Miao. Di dalamnya juga ada sebuah hiolo indah dan sepasang lampu minyak yang selalu menyala. Maskipun namanya Dewa Dapur, namun Ciao Kun Kong merupakan dewa dengan kedudukan tinggi, oleh karena ia yang bertugas mencatat semua kebajikan dan kebaikan yang dilakukan oleh masing-masing penghuni rumah.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Ruangan Kelenteng Keberkahan Kong Miao dengan patu para suci (shen ming). Diantara para suci yang dipuja oleh umat Konghucu adalah Kwan Kong, Kwan Im, Hian Thian Siang Tee, dan Hok Tek Ceng Sin. Di tempat inilah umat Konghucu bisa bersembahyang setiap saat, secara sendiri-sendiri.

kelenteng kong miao tmii jakarta

©2020 aroengBinang