Foto Kelenteng Kong Miao 2

aroengbinang.com - Tampak muka altar Kong Hu Cu dengan sepasang vas berisi bunga dibungkus plastik, hio, hiolo, dan ada tiga papan berisi tulisan di atas dan samping kiri kanan patung. Tulisan di sebelah atas "Wan Shi Shi Bio" artinya adalah Guru Abadi Dunia. Sedangkan di sebelah kiri ada tylisan "ri(matahari) yue(bulan) hang lun tian(tuhan) di(alam semesta) yan". Di sebelah kanan tulisannya berbunyi "shi shu wan juan sheng xian xin".

kelenteng kong miao tmii jakarta

Penjelasan mengenai Kelenteng Kong Miao TMII yang ditatah pada keramik berdasar hitam dengan tulisan keemasan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh menteri agama pada 2 Februari 2009, peresmiannya dilakukan oleh ketua Yayasan Harapan Kita,dan presiden RI menanam cemara di depan Tian Tan (Altar Suci Tuhan Yang Mahaesa).

kelenteng kong miao tmii jakarta

Pemandangan dari sudut ruang utama Kelenteng Kong Miao yang luas, dengan sepasang lampion berbentuk kotak menggnatung di langit ruang. Tak jelas apakah di saat ibadah para pengunjung. Pada dinding sebelah kanan tampak jendela dengan kaca patri, demikian pula di atasnya, serta dinding simetris di bagian kiri ruangan. Di bawah hiolo terdapat kain beludru berwarna kuning keemasan bersulam Kilin yang diapit oleh sepasang naga.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Sebuah hiolo kecil berwarna keemasan sangat indah berukir sepasang naga diletakkan di depan patung Konghucu Klenteng Kong Miao. Batang-batang hio yang baranya telah padam tampak tertancap di tengahnya.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Pemandangan lain pada sudut bangunan Kelenteng Nabi Agung Kong Zi / Kong Hu Cu (Da Cheng Dian), yang ditopang 8 tiang naga di bagian depan dan 8 tiang utama silindris warna merah di sisi kanan kirinya. Ornamen pada bagian bawah atap pelana tampak indah. Lampion merah menggantung di sepanjang langit serambi.

kelenteng kong miao tmii jakarta