Foto Karang Bolong Anyer

Sebuah karang berukuran jauh lebih kecil dilihat melalui lubang besar di tengah Karang Bolong yang bentuknya menakjubkan ini. Karang Bolong ini berada di ujung area pantai di sebelah kanan, dicapai dengan berjalan kaki beberapa puluh meter setelah membayar tiket masuk di pos jaga. Sebelumnya saya melewati seorang pria yang tengah menikmati sarapan paginya di depan sebuah pohon tua dengan akar keriting yang menonjol di permukaan tanah.



Ini adalah lintasan berundak yang agak sempit tepat di atas bukit Pantai Karang Bolong Serang, curam di beberapa bagian, namun pemandangannya cantik menuju ke arah puncak bukit Karang Bolong, dihiasi dengan lilitan sulur dan dahan pohon yang sangat tua dan besar. Sungguh keputusan tepat untuk makan lebih awal tadi, meskipun harus membayar mahal yang sangat tidak wajar.



Dari salah satu bagian di puncak bukit Karang Bolong saya bisa melihat kawasan pantai yang penuh dengan karang yang terserak di sepanjang bibir lautnya. Di puncak karang, dan di sepanjang Pantai Karang Bolong, terdapat tempat duduk memadai dimana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati silir angin laut dan pemandangan yang indah.



Dari puncak bukit Pantai Karang Bolong ada undakan menurun ke arah sisi yang berbeda dari sisi kedatangan dan berakhir pada sebuah gazebo dengan pemandangan yang elok ke arah laut lepas, dan juga ke arah pantai. Tempat ini tampaknya menjadi pilihan yang baik untuk menikmati suasana senja di sana.



Tempat parkir Pantai Karang Bolong Serang yang terletak di sebelah kiri jalan berseberangan dengan letak Pantai tampaknya mampu menampung ratusan kendaraan, hanya saja perlu ditata agar rapi dan menyenangkan bagi para pengendara mobil.



Seorang pria yang tengah menikmati sarapan paginya di depan sebuah pohon tua dengan akar keriting yang menonjol di permukaan tanah. Pohon itu sudah terlihat berusia sangat tua, dan bentuk akarnya merupakan salah satu pemandangan yang menarik di Pantai Karang Bolong ini.



Serombongan orang yang cukup besar tengah menggunakan tempat terbuka cukup luas yang letaknya di depan Karang Bolong untuk melakukan berbagai macam permainan kelompok.



Sebuah pohon dengan akar-akar yang menempel pada permukaan dinding karang, seolah-olah menjadi pelindung dan pengikat batuan karang, menjadi semacam jaminan akan keamanan lintasan pendakian yang sempit di atas punggung Karang Bolong.



Dua orang pengunjung tampak tengah mendaki lintasan di atas punggung bukit Karang Bolong saat saya mulai menuruninya. Saya tak yakin apakah semua pengunjung sudah tahu tentang keberadaan lintasan yang elok ini.



Air laut jernih berwarna kehijauan dengan pinggir pantai berupa karang yang meskipun tidak memungkinkan pengunjung untuk berenang, namun memberi pemandangan yang elok dari puncak Karang Bolong.



Karang Bolong dilihat dari arah luar, atau dari pinggir laut, memperlihatkan area terbuka yang digunakan oleh rombongan pengunjung melakukan permainan kelompok. Karang berbentuk lengkung ini terlihat sangat tebal dan kokoh.



Tengara yang berisi sejumlah fasilitas yang ada di Pantai Karang Bolong, yaitu Bukit Karang Bolong, Pondok Karang Bolong, joglo / warung betah, cenderamata / kantin, pemandian air laut, taman ria, kolam renang, musholla, dan toilet.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.